WORKSHOP SMKN 2 SURABAYA

Workshop Hari Pertama

Rabu, 17 November 2021, SMK Negeri 2 Surabaya mengadakan kegiatan Workshop Penjajakan dan Penguatan Kerjasama SMK dengan Dunia Kerja yang bertujuan untuk menjalin hubungan antara SMK dan Dunia Kerja. Workshop ini bertujuan untuk menyelaraskan visi misi sekolah dengan dunia kerja menuju Revolusi Industri 4.0 sehingga SMK mampu untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kompetensi keahlian masing-masing.

Kegiatan workshop dibuka oleh, Ibu Peni Ismiati, M.Pd., selaku Pengawas SMK Negeri 2 Surabaya dan diikuti oleh Bapak Herry Darmawan (PT. Axelerasi Bhinneka Teknologi) selaku perwakilan mitra DUDIKA, Kepala Bengkel Program Keahlian dan guru SMK Negeri 2 Surabaya.

Dalam workshop ini  Ibu Peni Ismiati, M.Pd menyampaikan konsep Link and Supermatch yang akan diterapkan oleh SMK Negeri 2 Surabaya dengan pihak DUDIKA.  Penguatan kerjasama sekolah dengan industri yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dilakukan dengan menyelaraskan Link and Supermatch yang berpedoman pada 8+i

Dalam kesempatan ini Bapak Herry Darmawan selaku perwakilan DUDIKA menyampaikan materi Internet of Things (IoT) sebagai awal tahapan sekolah menuju Industri 4.0

Setelah Workshop Penjajakan dan Penguatan Kerjasama SMK dengan Dunia Kerja dilanjutkan dengan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan Penyusunan Bahan Ajar (Manual dan Digital), yang bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum yang disusun bersama antara sekolah dan DUDIKA, pembelajaran berbasis project riil dari DUDIKA, Guru Tamu dari DUDIKA, magang/praktik kerja industri, sertifikasi kompetensi, training pengajar oleh DUDIKA, komitmen serapan oleh DUDIKA, serta beasiswa maupun bantuan lainnya dari DUDIKA.

Workshop Hari Kedua

Kamis, 18 November 2021, SMK Negeri 2 Surabaya mengadakan Workshop Pengembangan Program PKL Bersama Dunia Kerja dan dilanjutkan dengan Workshop Pelaksanaan Komitmen DUDIKA untuk Rekruitmen dan Penyaluran Lulusan, Penguatan Kemitraan (beasiswa, donasi) serta Pemanfaatan Fasilitas Bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan Bapak/Ibu Guru di SMK Negeri 2 Surabaya terkait dengan penguatan softskill, budaya kerja di dunia industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *